Minggu, 14 November 2010

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

DEFINISI SI AKUNTANSI
Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau sub
sistem, saling berhubungan yang memiliki fungsi dengan tujuan yg
sama.
Sistem Informasi adalah serangkaian prosedur atau tata cara formal
dimana data dikumpulkan, dproses menjadi informasi2 dan didistribusikan
ke para pengguna.
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas,
mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yg berhubungan
dengan keuangan sehingga dpt digunakan oleh orang yg menggunakannya dgn
mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Akuntansi berasal dari kata asing " ACCOUNTING" yg artinya adalah menghitung
atau mempertanggung jawabkan. akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan
bisniss diseluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga dsebut sebagai
bahasa bisnis.
Jadi SI AKUNTANSI adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu
yg berkenaan dengan akuntansi.

FUNGSI UTAMA SI AKUNTANSI
•mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
•memproses data menjadi informasi yg dapat digunakan dlm proses pengambilan
keputusan.
•melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi

Alasan Mempelajari SIA:
1.Karena Informasi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan
2.SIA digunakan untuk melakukan kontrol terhadap Aset yang dimiliki organisasi tersebut.
3.Menyiapkan data data keuangan dan non keuangan untuk menjadi informasi yang akurat guna pengambilan keputusan
CARA KERJA SI AKUNTANSI
Untuk memahami bagaimana Sistem ini bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sbb

•bagaimana mengkoleksi data yg berkaitan dgn aktivitas dan transaksi organisasi..?
•bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi..

MANFAAT SI AKUNTANSI
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
•Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
•Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
•Meningkatkan efisiensi
•Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
•Meningkatkan sharing knowledge
•menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

1 komentar: